Subscribe:

25 Agu 2009

Uhuk-uhuk! Awas Ancaman gas CO Sekitar Rumah

Selain dari knalpot mobil, gas karbon monoksida di sekitar rumah juga bisa datang dari pemanas air bertenaga gas, kompor gas, kompor arang, kompor minyak tanah, dan semua yang menggunakan bahan bakar fosil: bensin, minyak tanah, solar, dan gas elpiji.

Sobat blogger perlu memperhatikan baik-baik mesin pemanasnya, buatlah exhaust fan yang memadai untuk mengusir gas beracun keluar dari kamar mandi. Sobat blogger juga jangan menempatkan kompor berdekatan dengan kamar tidur atau outdoor unit AC. Jangan menyalakan genset (generator) dekat jendela atau pintu karena gas CO-nya bisa terbawa masuk ke dalam rumah oleh tiupan angin.

Panggangan sate atau steak yang menggunakan arang atau gas, tempatkan sejauh mungkin dari rumah agar tidak membawa masuk gas CO. Sobat blogger juga perlu ingat baik-baik bahwa gas ini tidak berbau dan tidak berwarna namun bisa membunuh secepat angin dalam konsentrasi tinggi.

Biasakan juga untuk membuka sedikit jendela pada ruangan yang tertutup dan menggunakan AC, agar tetap ada suplai oksigen masuk. Dari uraian di atas saya berharap agar sobat blogger bisa lebih waspada terhadap ancaman gas CO disekitar kita terutama rumah, semoga info ini bermanfaat buat sobat blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...