Subscribe:

8 Jun 2011

Museum Balla Lompoa (Gowa, Sulawesi Selatan)

Setelah jalan tiga bulan berada di kota Makassar, baru kemarin (6 Juni 2011) saya berkunjung ke daerah Gowa. Sebetulnya ini perjalanan dinas kantor,tapi saya menyempat kan untuk melihat-lihat seputar kota Gowa. Dan saya pun beristirahat sebentar di depan museum Balla Lompoa yang terkenal itu.

Sebenarnya saya tidak begitu tahu tentang museum ini, tapi teman saya yang waktu itu ikut pergi bersama saya bilang " pak, itu di depan istana Balla Lompoa yang terkenal ". Saya pun menjawab.. oww,maaf pak saya tidak tahu kalau di depan itu Istana yang terkenal. Saya pun menyempatkan untuk mengambil gambar nya, tapi sayang waktu itu sedang ada renovasi jadi saya tidak bisa masuk kedalam. Saya hanya bisa mengambil gambar dari depan pagar.

Bentuk nya unik istana ini, karena hampir keseluruhan bangunan terbuat dari kayu ulin atau kayu besi kata teman saya yang asli dari daerah tana toraja. Bangunan ini juga banyak sekali jendela nya, ciri khas rumah bugis kata teman saya lagi . Kalau banyak jendela, saya jadi teringat bangunan Lawang Sewu yang ada di kota Semarang.

Untuk lokasi nya pun sebenernya cukup strategis, karena berada di tengah kota Gowa. Apabila sobat blogger yang sedang berlibur di kota Makassar bisa mengunjungi Museum Balla Lompoa ini menggunakan angkutan. Dari arah pusat kota Makassar (Lapangan Karebosi) bisa naik pete-pete (nama angkutan) warna merah. Untuk ongkos nya sekitar 8 ribu,sekali jalan. Mungkin ini dulu yang bisa saya informasikan ke sobat blogger, semoga bermanfaat ...


sumber foto : www.whendro.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...