Subscribe:

16 Sep 2009

Tips Bugar Mudik...

Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, bagi sebagian orang yang merantau pasti akan melakukan mudik. Mudik ini sendiri sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang, khususnya yang merantau ke daerah lain. Namun perlu diperhatikan juga selama melakukan mudik agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan kita,karena kegiatan mudik ini memerlukan stamina yang prima. Berikut tips agar bisa tetap bugar selama melakukan perjalanan mudik:




  1. Istirahat yang cukup sebelum mudik paling tidak tidur 6 sampai 8 jam sebelumnya. Jika ingin melakukan perjalanan pagi maka malamnya sudah istirahat yang cukup, begitupun jika ingin berangkat malam maka siangnya sudah istirahat yang cukup.
  2. Usahakan saat sahur mengonsumsi makanan yang bergizi seperti mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber energi bagi tubuh.
  3. Sebaiknya melakukan perjalanan 2 atau 3 jam setelah makan, sehingga tubuh masih memiliki energi dan perut belum lapar serta masih bisa berkonsentrasi.
  4. Mengonsumsi air yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi, karena udara yang panas dan jalanan yang macet akan membuat tubuh membutuhkan asupan air yang lebih banyak.
  5. Membawa bekal makanan manis untuk berbuka atau makanan bergizi untuk sahur, karena ditakutkan selama perjalanan tidak menemukan tempat untuk membeli makanan.
  6. Menghindari berbuka puasa dengan minuman yang terlalu dingin, karena kondisi jalanan yang kering akan membuat hidung dan tenggorokan menjadi lebih sensitif sehingga rentan terkena flu, batuk atau radang tenggorokan. Sebaiknya berbuka puasa dengan minum air putih atau air hangat, jika ingin minum dingin jangan yang langsung barasal dari es batu agar tenggorokan tidak kaget.
  7. Jangan merokok dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol selama perjalanan mudik, karena akan mengganggu konsentrasi akibat berkurangnya asupan oksigen ke otak.
  8. Sesekali beristirahat di jalan untuk melakukan relaksasi terhadap otot kaki, perut, tulang punggung sehingga terhindar dari masalah kram saat mengemudi.
  9. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi jika tubuh sudah lelah atau mengantuk, jadi istirahat untuk tidur sejenak atau bergantian menyetir.
  10. Jika tubuh memerlukan tambahan vitamin bisa mengonsumsi multivitamin yang sudah biasa digunakan, tapi akan lebih baik jika vitamin tersebut berasal dari makanan yang alami.
Itu tadi beberapa tips yang mungkin bisa sobat blogger jadikan panduan selama melakukan perjalanan mudik ke daerah asal sobat, semuga mudik-nya menjadi menyenagkan.



semoga info ini bermanfaat buat sobat blogger...

sumber:detik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...