Subscribe:

7 Sep 2009

Cara Kerja Virus Komputer Menurut Jenisnya

Virus merupakan suatu program yang memiliki kemampuan untuk merusak file atau merusak sistem komputer. Virus memiliki berbagai jenis dan mempunyai cara kerja yang berbeda-beda.

Berikut jenis-jenis virus dan cara kerja masing-masing virus:



  1. Virus File, virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer sobat. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.
  2. Virus Boot Sector, virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi boot sector hard disk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam harddisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus ini aktif, sobat blogger tidak akan bisa memboot-ing komputernya secara normal.
  3. Virus E-mail, virus ini mempunyai cara kerja yaitu menyebar melalui e-mail (biasanya dalam bentuk file lampiran/attachment). Virus ini memiliki ciri khusus berupa ekstensi .scr, .exe, .pif, atau .bat. Apabila virus ini aktif, maka dia akan mengirimkan dirinya sendiri ke berbagai alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna.
  4. Virus Multipartite, virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector pada harddisk. Virus ini akan menimbulkan banyak masalah karena menyebabkan kerusakan yang fatal.
  5. Virus Polimorfis, virus ini mempunyai cara kerja yang unik yaitu virus ini dapat mengubah kode dirinya (berganti wujud) saat menyebarkan diri ke komputer lain. Virus jenis ini lebih sulit dideteksi karena mempunyai sifat seperti itu.
  6. Virus Siluman (stealth virus), virus ini mempunyai cara kerja yaitu mampu menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.
  7. Virus Makro, virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office seperti Word dan Excel. Biasanya Dokumen yang terinfeksi oleh virus makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah "save" untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.

Itu tadi beberapa jenis virus komputer serta cara kerjanya, semoga sobat blogger lebih waspada dan hati-hati terhadap virus komputer tersebut.

Semoga info ini bermanfaat buat sobat blogger...
Sumber:komputek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...