Subscribe:

4 Jul 2009

Cari Laptop Second / Bekas Pakai

Bulan lalu saya sempat lihat pameran komputer, saking asiknya melihat-lihat ada keinginan untuk cari laptop. Tapi masih bingung juga untuk cari yang murah tapi bagus. Waktu sedang asik-asiknya saya ketemu teman kuliah di pameran, teman saya boleh di bilang banyak tau soal komputer/laptop...sekalian aja saya minta saran cari laptop murah tapi bagus. Teman saya sih kasih pilihan untuk membandingkan dengan yang second alias bekas pakai. Ya ga ada salahnya juga sih untuk dicoba,teman saya bilang untuk mendapatkan laptop bekas yang ideal hal-hal berikut perlu diperhatikan:


1. Usahakan membeli di toko. Jika membeli langsung dari pemilik laptop, sebisa mungkin kita harus mengenali orang tersebut. Karena jika ada masalah di kemudian hari, kita bisa meminta konfirmasi ke pemiliknya.
2. Tetapkan dana sesuai kemampuan. Harga laptop bekas bervariasi, mulai dari Rp3 juta sampai Rp5 juta, tergantung kondisi fisik laptop dan kelengkapannya.
3. Periksa kondisi baterai. Ketika membeli, usahakan agar meminta laptop dinyalakan terlebih dahulu. Tunggu beberapa lama hingga dirasa cukup mengenali daya tahan baterai. Jika baterai hanya bisa bertahan kurang dari satu jam maka laptop sedang tidak berada di kondisi yang bagus. Kalau dilihat seperti ini, kita bisa menawar lebih rendah lagi.
4. Periksa kelengkapan laptop seperti charger, CD Driver, dan buku manual. Usahakan semuanya masih lengkap. Kalau kurang, sebaiknya tidak usah dibeli karena bisa merepotkan. Walhasil, kita tidak akan bisa menggunakan laptop dengan sempurna.
5. Perhatikan spesifikasi hardware. Hal ini bisa dilihat dari jenis prosesor yang dipakai, besaran memori, hingga jenis kartu grafis. Jika sebuah laptop sudah mencantumkan logo Intel Centrino, berarti di dalamnya sudah terkandung komponen khusus yang memungkinkan laptop mengakses data secara nirkabel.
6. Saat membeli laptop bekas, perhatikan juga sisi-sisi pada layarnya, apakah banyak titik piksel yang mati atau tidak. Semakin banyak titik yang mati maka mutu laptop akan semakin menurun. Kalau kondisi seperti ini mending pikir-pikir lagi deh...
7. Garansi. Biasanya laptop bekas ada garansi dari toko, sekitar satu bulan. Jika ada masalah sampai di rumah dan masih dalam waktu garansi, kita bisa meminta pertanggungjawaban toko.
8. Lihat isi sistem. Apakah masih berjalan dengan baik atau banyak eror. Kalau ternyata sistem operasinya bermasalah, instal ulang saja di toko bersangkutan.
Itu beberapa tips yang diberikan teman saya,mungkin bisa jadi referensi teman-teman juga yang mau cari laptop second / bekas pakai. Sampai sekarang saya masih hunting...soalnya masih belum nemu yang cocok ( cocok harga n spek-nya).. :D
semoga bermanfaat.....
Alnect computer Blog Contest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...