Subscribe:

7 Jan 2010

Resiko Cabut Langsung Card Reader

Dipostingan sebelumnya saya kasih info yang berhubungan dengan MMC yaitu hot swap. Posting kali ini juga masih ada hubungannya dengan MMC. Mungkin sobat blogger pernah bertanya-tanya, mengapa data di MMC dapat hilang setelah melakukan transfer data lewat komputer? Bagaimana caranya agar data-data tersebut tidak hilang? Apakah diperlukan proses khusus saat mencabut ( remove ) MMC card reader dari PC? Sebab biasanya mencabut langsung card reader dari PC tanpa prosedur tidak ada masalah.

Memang ada beberapa kasus mencabut MMC tanpa proses eject ( removable ) dan tidak bermasalah. Namun perlu sobat blogger ketahui bahwa hal itu sangat riskan sebab dapat memperpendek umur MMC. Pada prinsipnya jika MMC sudah masuk ke card reader,untuk mencabutnya tidak boleh langsung karena masih terhubung dengan aliran listrik di card reader melalui USB. Jadi sebelum dicabut sobat blogger harus pastikan mengklik dulu ikon indikator safety removable hardware yang berada di samping kiri jam ( layar PC ). Lalu pilih drive tempat MMC sobat masukkan dan klik stop.

Dengan ini proses dapat dilalui dengan benar, hanya saja agak merepotkan. Ada cara lain yaitu dengan mengklik kanan drive MMC kemudian klik eject. Dengan menggunakan prosedur ini maka di jamin umur MMC sobat akan bertahan lama dan terhindar dari file corrupt.

Semoga info ini bermanfaat buat sobat blogger...

1 komentar:

hati bersih mengatakan...

namun terkadang klik 2 kali di system tray icon usb tetap saja tidak mau pdhl aplikasi yang dibuka melalui USB sudha ditutup alias close, dan akhirnya memutuskan u/ langsung mencabut, mungkn hal ini yang menjadi penyebab file corrupt.Thx info, anyway.Official Web Pertamina

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...