Subscribe:

27 Jul 2011

Keindahan Tana Toraja

Ahh... akhirnya kesampaian juga ke TaTor ( Tana Toraja ), tepat tanggal 15 Juli 2011 saya bertiga teman saya pergi ke tana toraja. kebetulan ada teman kantor yang sedang mengadakan acara adat kematian, dia bilang ini acara paling di tunggu-tunggu oleh semua turis lokal maupun manca karena di acara ini banyak prosesi yang menarik untuk dilihat selain tempat wisata dan keindahan alam tana toraja.

Untuk perjalanan kesana membutuhkan waktu sekitar 10 jam dari Makassar menggunakan angkutan darat (Bus Malam), untuk ongkos nya pun lumayan terjangkau. Waktu itu saya menggunakan kelas executive dengan biaya 100rb per orang. Bis nya pun bagus dan nyaman selama perjalanan, pilihan nya pun banyak. Untuk keberangkatan nya ada dua kali sehari pagi dan malam hari sehingga sobat blogger bisa memilih sesuai keinginan sobat.

Setelah menempuh sekitar 10 jam akhirnya saya sampai juga di tempat tujuan, kebetulan yang saya tuju ada di daerah rantepao sekitar 18 Km dari pusat kota tana toraja. Kami pun langsung menuju Wisma untuk kami menginap. Oya sobat blogger sekedar info saja apabila sobat blogger mau menginap usahakan jauh sebelum keberangkatan sudah pesan penginapan karena di bulan Juli ini dimana banyak terdapat acara adat agak sulit untuk mencari penginapan. Untuk penginapan sekelas wisma harga nya pun bervariasi mulai dari 80rb-200rb per malam.



















Oya sobat, sekedar tips saja kalau sobat berencana ke tana toraja silahkan persiapkan tujuan tempat wisata yang akan di singgahi agar lebih mudah mengatur waktu nya. Informasi untuk tempat wisata bisa sobat temukan di kota tana toraja dan di rantepao, silahkan sobat bisa ambil brosur tempat wisata di tana toraja.

Hari pertama saya langsung menuju tempat acara teman yang mempunyai acara kematian tersebut. Di hari pertama ini ada prosesi penyerahan hewan yang akan di potong pada puncak acaranya, hewan yang diserahkan berupa kerbau dan babi. Di sela-sela prosesi upacara ini kita juga bisa menyaksikan adu kerbau, kebetulan waktu itu berlangsung di lapangan sebelah tempat upacara berlangsung.




















Untuk hari berikutnya kami melanjutkan ke tempat wisata yang ada di sekitar daerah rantepao diantaranya Batutumonga atau kuburan batu yang terkenal itu, terus kami lanjut ke tempat rumah-rumah adat tempat untuk melangsungkan upacara adat, terus kami lanjut lagi ke tempat wisata londa (hampir sama dengan batutumonga) dan yang terakhir di hari itu kami ke tempat kompleks rumah adat keiti kesu, sobat blogger bisa lihat gambar nya di bawah ini :

































1 komentar:

kunci Water Heater Tenaga Outdor AC mengatakan...

Sungguh indah sekali pemandangannya .. cocok untuk tempat berlibur nih.. jadi pingin kesana nanti pas liburan.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...