Subscribe:

26 Nov 2010

Cara Perpanjang SIM Pindah Alamat

Hai sobat blogger...sudah lama saya tidak posting. Kali ini saya ingin posting tentang cara perpanjang SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) bila alamat kita pindah. Sebenarnya ini saya alami sendiri,waktu SIM C saya habis bulan 9 lalu. Awalnya saya sempat bingung waktu tau SIM C saya sudah habis masa berlaku nya, waktu itu saya sempat terpikir untuk bikin SIM baru dengan KTP saya yang sekarang.

Oya..SIM C saya sebelum nya dikeluarkan oleh Satlantas Polres Tangerang, sedangkan alamat saya sekarang di Semarang. Saya sempat cari-cari informasi tentang perpanjangan ini mulai dari tanya teman-teman sampai internet tapi jawaban yang saya terima masih membuat saya ragu. Saya juga sempat mengirim pertanyaan lewat email ke website nya Satlantas Kota Semarang, tapi sampai sekarang saya belum dapat balasan.

Sampai akhirnya saya sempatkan bertanya ke petugas SIM keliling, waktu itu saya bertanya kalau pindah alamat bagaimana prosedur nya pak? Dan bapak itu menyarankan lebih baik mutasi saja ( cabut berkas ) karena biayanya lebih murah daripada buat baru.

Setelah ada kesempatan untuk ke Jakarta langsung saya sempat kan untuk urus mutasi SIM saya, waktu itu saya sengaja berangkat pagi-pagi dari rumah saya. Dan setelah sampai di kantor Satlantas saya langsung di suruh ke loket 1 ( loket pendaftaran ) dan di minta fotocopy KTP dan SIM masing-masing 2 lembar dan diminta untuk menunggu. Ternyata tidak sampai 1 jam berkas mutasi saya sudah jadi dan hanya di kenakan biaya 50rb.

Setelah itu saya di beri pesan dari petugas setempat bahwa berkas tersebut sudah bisa di gunakan untuk perpanjangan di tempat tinggal kita yang baru sesuai dengan prosedur perpanjangan. Itu tadi sedikit pengalaman pribadi saya untuk mengurus perpanjangan SIM bila pindah alamat semoga bermanfaat buat sobat blogger.


--------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Making email access easy
http://mail.ovi.com

9 komentar:

Iswara mengatakan...

Bermanfaat sekali. Terima kasih informasinya. Tetapi ada pertanyaan, di Jakarta (Tangerang) dikenakan administrasi 50rb, setelah di Semarang berapa biaya perpanjangan SIM-nya? Apakah dikenakan lagi 80rb? Jadi total 50+80=130rb begitu?

hendro mengatakan...

@ iswara : Thx buat komen nya, untuk yang di Semarang waktu itu saya di kenakan biaya kesehatan 30rb dan adm di bank BRI 75rb jadi total semuanya 105rb. Proses nya pun tidak lama,-/+ 1 jam. Semoga bermanfaat.

adit mengatakan...

Thank's membantu sekali infonya. Misal kita sudah pindah alamat KTP nih, terus masa berlaku SIM masih 2 tahun lagi. Apa sebaiknya di mutasi sekarang, atau nunggu pas masa berlakunya hampir habis ?

bunga mengatakan...

kalo perpindahan satu kotamadya masalah nggak ya?, perlu minta surat mutasi nggak?

hendro mengatakan...

@bunga : saya belum bisa komentar, insya allah kalau dapat info saya langsung share. thx udahh mampir.

Anonim mengatakan...

kalo ambil berkas di sim lama diwakilkan bisa tidak? atau mesti diri sendiri ya? klo dwakilkan persyaratannya apa ya?

rani mengatakan...

mt pagi,sya jg mw perpanjang sim beda alamat gt,pke surat kterangan pindah gk y, ,mkzih, ,

ww mengatakan...

Kalau SIM mutasi apakh STNK motor jg hrus mutasi? krn tiap tahun utk byar pjak biasaY mnyertakan KTP/SIM. Atokah tdk mslah apbla berbeda antra domsili SIM/KTP dgn domsili STNK utk kperluan mbyar pajak? Trims

carasim mengatakan...

terima kasih banyak infonya

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya sob jangan meninggalkan link karena dianggap spam,cukup komen sebagai name/url saja ...